Rabu, 07 November 2012

ciri-ciri perubahan sosial

Ada 4 ciri-ciri perubahan sosial. Yang pertama tidak ada masyarakat yang perkembangannya berhenti karena setiap masyarakat mengalami perubahan baik secara lambat maupun cepat hal ini antara lain dapat dilihat dari sejarah manusia dimana manusia mengalami proses evolusi(perubahan lambat) dan proses revolusi(perubahan cepat)

Kedua adalah perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan tertentu akan diikuti dengan perubahan-perubahan pada lembaga sosial yang lain.

Selanjutnya yang ketiga perubahan-perubahan sosial yang cepat biasanya mengakibatkan kekacauan sementara. hal ini terjadi karena orang harus belajar menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Kekacauan ini akan diikuti oleh reorganisasi yang mencakup pemantapan kaidah-kaidah dan nilai-nilai lain yang baru.


Yang terakhir adalah perubahan-perubahan tidak dapat dibatasi pada bidang kebendaan atau bidang spiritual saja. Kedua bidang iru saling berkaitan satu sama lain. Misalnya, cara pandang "banyak anak banyak rezeki" tidak lagi dianut oleh masyarakat-masyarakat yang tinggal di perkotaan karena lingkungan di perkotaan tidak luas.

Itulah 4(empat) ciri-ciri perubahan sosial budaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar